Thursday 16 May 2013

Erdogan – Obama : Assad Harus Pergi



Redaksi – Jumat, 17 Mei 2013 08:03 WIB
erdogan obamaPresiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan telah berjanji untuk meningkatkan tekanan terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk mundur.
Obama mengatakan dalam sebuah konferensi pers dengan Erdogan di Gedung Putih pada hari Kamis bahwa satu-satunya cara untuk menyelesaikan krisis Suriah adalah  Assad segera menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah transisi (Pro Barat). Ia mengatakan Turki akan memainkan peran penting dalam proses tersebut.
“Kita akan terus meningkatkan tekanan terhadap rezim Assad dan kami bekerja sama dengan oposisi Suriah,” kata Obama.
“Kami berdua sepakat bahwa Assad harus pergi.” tambahnya.
Obama telah memperingatkan bahwa penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah akan menjadi “garis merah” yang akan memerlukan tindakan oleh masyarakat internasional.
Erdogan mengatakan bahwa ada bukti penggunaan senjata kimia di Suriah tetapi mereka memerlukan  ”informasi yang lebih spesifik” untuk mengkonfirmasi hal ini sebelum memutuskan bagaimana untuk merespon.
Obama mengatakan ia terus-menerus meninjau Suriah, karenanya AS telah mendaftarkan empat menteri Suriah dan kelompok Jabhat al-Nusra, Pemimpin Al-Qaidah, kelompok pemberontak Muhammad al-Jawlani, ke daftar hitam terorisme. AS juga menempatkan Syrian Arab Airlines dan Televisi swasta Al-Dunya ditambahkan ke daftar sanksi , karena membantu rezim Assad.
“Saya mempertimbangkan pilihan untuk mengambil langkah-langkah tambahan, baik diplomatik dan militer,” kata Obama. (Aljazeera/Dz)

No comments:

Post a Comment