Friday 17 May 2013

Menlu Rusia

Menlu Rusia : Iran Harus Dilibatkan Dalam Konferensi Masalah Krisis Suriah

Redaksi – Jumat, 17 Mei 2013 13:40 WIB
menlu rusia“Iran harus terlibat dalam konferensi internasional yang disepakati oleh Moskow dan Washington untuk membantu mengakhiri konflik Suriah”, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov bersikeras dalam sebuah wawancara yang disiarkan Kamis.
Lavrov mengatakan kepada televisi Lebanon bahwa Rusia dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengumumkan rencana konferensi di Moskow pekan lalu, harus mencakup Iran, sekutu kunci Suriah, walau kesepakatan itu sementara belum disepakati.
“Kita tidak boleh mengecualikan negara seperti Iran dari proses tersebut karena kondisi geopolitik. Negara itu  adalah pihak luar Suriah yang sangat penting. Tapi belum ada kesepakatan mengenai hal ini, “kata Lavrov seperti dikutip dalam transkrip yang dipublikasikan di situs kementerian luar negeri Rusia.
Iran, yang merupakan sekutu utama regional Rusia dan pendukung utama Presiden Suriah Bashar al-Assad, “dapat memainkan peran yang sama sebagai pemain luar lainnya, karena secara langsung berinteraksi dan mendukung satu sisi Suriah dengan cara politik atau lainnya,” kata Lavrov.
“Ada hal-hal yang jelas: Iran sering ungkapkan solidaritas dengan pemerintah Suriah dan perwakilan Iran secara teratur mengunjungi Damaskus,” katanya.
Rusia adalah sekutu tradisional Suriah dan memiliki hak veto karena Negara itu adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Rusia sejauh ini  telah memblokir beberapa resolusi PBB terkait tekanan terhadap Assad untuk mundur. (Arby/Dz)


No comments:

Post a Comment