Sunday 12 May 2013

Menlu Turki : Dunia Bisu atas Konflik Suriah !



Redaksi – Senin, 3 Rajab 1434 H / 13 Mei 2013 07:46 WIB
menluturkiMenteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu pada hari Minggu menyalahkan kelambanan dunia atas konflik Suriah sebagai  “terorisme barbar” yang merenggut puluhan nyawa di dekat perbatasan.
“Serangan terbaru menunjukkan bagaimana percikan berubah menjadi api ketika masyarakat internasional tetap diam dan Dewan Keamanan PBB gagal untuk bertindak,” katanya selama kunjungan Berlin.
“Ini tidak bisa diterima oleh rakyat Suriah dan Turki.” Ujarnya.
Serangan bom kembar pada hari Sabtu,  menewaskan sedikitnya 46 orang tewas dan 100 terluka di dekat perbatasan Suriah, adalah yang paling mematikan di Turki dalam beberapa tahun terakhir.
Menteri menyebutnya pelanggaran “garis merah” dan mengatakan bahwa “sudah saatnya bagi masyarakat internasional untuk  bersikap terhadap rezim … segera dan tanpa penundaan “.
Ia menyerukan “mendesak inisiatif hasil diplomatik,” untuk menemukan solusi terhadap krisis Suriah dan menambahkan bahwa “Turki memiliki hak untuk mengambil apapun tindakan” dalam menanggapi serangan pembunuhan.
Davutoglu bertemu Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle, yang menyatakan belasungkawanya bagi para korban dari “tindakan terorisme” dan menjanjikan dukungan Jerman untuk Turki.
Davutoglu juga mengatakan penyelidikan sedang memantau  ”hubungan antara pembantaian Banias … dan yang terbaru serangan teror “di Turki.
Kelompok hak asasi manusia mengatakan sedikitnya 62 warga sipil tewas bulan ini dalam serangan terhadap sebuah distrik Islam Sunni di Banias, sebuah kota di Suriah, setidaknya 50 orang tewas di dekat desa Bayda. (Arby/KH)

No comments:

Post a Comment